• Home
  • Foto Hot
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

paling unik

  • Home
  • Gambar Hot
  • Zona Dewasa
Home » Uncategories » Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU Sedang Isi BBM

Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU Sedang Isi BBM

oleh : paling unik

2209286620X310KDrMzyVF0K

Dari millist tetangga, mungkin bisa jadi bahan Diskusi...

dan pencerahan bagi Rekan rekan sekalian

Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU Juga Sedang Mengisi BBM dari Mobil Tanki!!!

Kejadian ini dialami sendiri dan langsung oleh istri saya,

pada Minggu 22 Agustus 2010, pk 07:00 WIB.

Istri hendak mengisi bensin mobil di SPBU dekat rumah,

awalnya dia sudah ragu karena tampak ada mobil truk tangki

sedang parkir di tempat pengisian BBM untuk SPBU.

Karena tidak diperhatikan dengan seksama,

istri tidak mengetahui secara persis dengan proses pengisian

BBM dari truk tanki ke SPBU apakah: belum berlangsung,

sedang berlangsung atau telah selesai.

Tapi karena tidak ada peringatan dan penghalang apapun

di jalan masuk SPBU, maka istri saya berpikir SPBU

beroperasi normal-normal saja untuk melayani

pelanggannya dengan aman.

Istri lalu memposisikan kendaraan persis di Dispenser yang

paling dekat dengan Port Pengisian Bahan Bakar SPBU dan

Truk Tanki, karena Dispenser tsb menyediakan Pertamax dan

posisi port bensin mobil ada di sebelah kiri belakang.

Untuk tidak berada terlalu dekat dengan truk tanki,

istri memilih Dispenser 1 (seperti pada gambar) dan

menghentikan serta mematikan mesin mobil seperti

prosedur biasanya.

Setelah mobil mati dan istri turun, petugas pengisian BBM

di SPBU yang berseragam merah, menyuruh mobil untuk

maju ke Dispenser No 2.

Istri kemudian kembali masuk mobil dan hendak

memajukan kendaraan.

Tepat pada saat mobil di Start, tanpa diduga sama

sekali sebelumnya (baik oleh istri maupun petugas yang

ada di lokasi), timbul suara ledakan yang keras dan segera

dibarengi oleh munculnya jilatan api yang besar dan

membumbung tinggi hingga 2 meter lebih, yang menyala

merah di depan dan di samping kendaraan.

Untungnya mobil sama sekali tdk tersambar api sedikitpun.

Hal ini membuat istri keluar dengan tenang dari

mobil, menyelamatkan diri, dan sempat memberi

(setengah) perintah kepada pegawai yang ada untuk

segera memadamkan api.

Dengan kesigapan petugas lapangan dan didukung peralatan

yang memadai, api segera padam dan menyisakan

jalan / lingkungan sekitar dan mobil yang menjadi putih

karena terkena siraman foam pemadam api.

Setelah api bisa dipadamkan - yang berlangsung selama

kira2x 3 menit), petugas sempat menyalahkan mobil istri

dengan mengatakan telah keluar api dari mesin.

Istri tidak terima, dan mengatakan mesin selama ini tdk ada

masalah karena baru saja turun mesin 2 bulan yang lalu,

Setelah didebat demikian oleh istri, petugas sekarang

menyalahkan knalpot mobil yang telah mengeluarkan

api saat distart.

Segera setelah mendapat kabar dari istri via HP,

saya langsung ke lokasi dan menanyakan kejadian

yang sesungguhnya kepada Istri,

Petugas SPBU dan Polisi yang telah datang ke lokasi.

Dari informasi diketahui bahwa kejadian tsb terjadi

saat / bersamaan dengan pengisian BBM dari Truk Tanki ke SPBU.

Saya tanyakan apa prosedur keamanan standar saat pengisian

dari truk tanki, apakah boleh mobil atau motor juga mengisi

bensin di saat yang sama.

Tapi dari petugas SPBU, mereka tidak memberikan jawaban

yang jelas dan seakan-akan mengelak untuk

memberikan keterangan yang baku tentang Standar Operasional

dan Prosedur (SOP).

Mereka berkata bahwa selama ini tidak menjadi masalah,

bila SPBU mengisi BBM dan pada saat yang sama juga

melayani konusmen yang hendak mengisi bensin.

Dari keterangan itu mereka cenderung menyalahkan bahwa

mobil sayalah yang telah menjadi penyebab utama

munculnya ledakan dan kebakaran tadi.

Berbekal pengetahuan dari kakak saya yang seorang pekerja

Safety Profesional di pengeboran minyak lepas pantai,

dia mengatakan bahwa ledakan dan kebakaran yang terjadi

pada kasus saya, bisa terjadi karena dua hal:

Konsentrat uap bensin yang tinggi, yang mungkin timbul karena adanya kesalahan prosedur (kebocoran) yang terjadi

saat pengisian dari truk tanki BBM ke SPBU.

Adanya Spark dan/atau api yang menjadi pemicu, pemantik ledakan dan kebakaran tsb.

Dua hal di atas adalah syarat mutlak, jika salah satu

komponen / parameter di atas tidak ada, maka ledakan

dan kebakaran tidak akan timbul.

Sekarang jelas, adanya konsentrat uap bensin yang tinggi

berasal dari kesalahan SOP pengisin BBM dari truk tanki

ke tanki SPBU.

Setelah itu, apakah kini benar bahwa penyebab ledakan

dan kobaran api tsb adalah berasal dari kendaraan saya?

kalau memang betul, pertanyaannya sekarang dari mana sumber

api tsb?

Lagi-lagi dari kakak saya tadi yang juga pernah menjadi

mekanik kendaraan bermotor, kemungkinan besar spark atau

asal api adalah berasal dari, STARTER MOTOR.
Apakah starter motor mobil saya bermasalah?

Selama starter motor kendaraan (apapun itu, baik baru atau

lama) masih menggunakan sistem inti Brush,

maka saat starter motor diaktifkan,

secara normal di dalam komponen inti starter motor tsb pasti

akan mengeluarkan percikan api yang kecil.

Hal itu bisa dibuktikan bila kita menyalakan bor listrik tangan

dan memperhatikan bagian dalam dari motor listrik tsb,

yang biasanya bisa kita lihat dengan mengintip dari kisi-kisi

ventilasi udara yang berfungsi untuk pelepasan panas dari motor.

Tapi percikan api sekecil itupun,

bahkan jika ada percikan api kecil lainnya yang mungkin timbul

dari komponen sebuah relay terbuka yang aktif,

sudah cukup untuk menyalakan api bila di udara telah

terhimpun konsentrat uap gas yang tinggi.

Maka bisa disimpulkan, hanya saja kebetulan saya yang sedang

apes ketiban sial menyalakan mobil saat konsentrasi uap

bensin di udara sedang tinggi.

Jadi apapun mobilnya yang ada di lokasi pada saat itu,

hampir bisa dipastikan akan mengalami hal yang sama karena

adanya 2 kondisi di atas tadi:

1. Konsentrat uap bensin yang tinggi.

2. Percikan api dari starter motor mobil (yang memang normal).

Bayangkan apa jadinya bila istri sejak awal menghentikan

mobil di Dispenser no 2, lalu menyalakan mobil saat konsentrasi

uap bensin yang tinggi ada di sana,

pasti selain mobil ikut meledak dan terbakar,

ditambah dengan tangki di mobil yang sudah terisi bensin,

praktis nyala api akan lebih besar, menyambar kemana-mana,

sulit untuk segera dipadamkan,

dan yang kemudian juga akan melahap habis SPBU tsb.

Secara bijak pihak SPBU menyadari dan mengetahui

kesalahan mereka - yang tidak menutup SPBU saat pengisian

dan mensterilkan lokasi pengisian dari konsentrat uap bensin

yang berbahaya.

Setelah saya katakan bahwa, untung saja kejadian-nya

menimpa saya yang rahayat kecil,

bagaimana kondisinya bila hal itu terjadi pada kendaraan

pejabat tinggi, mobil perwira polisi atau mobil jenderal tentara?

Pasti pihak SPBU akan dituntut dan dikenai sanksi hukum yang

keras karena telah dianggap lalai dalam menjalankan

tugas operasional pelayanan kepada masyarakat secara aman.

Untuk menjadi bahan pelajaran bagi kita semuanya kedepan,

dan peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,

maka dengan rendah hati saya menghimbau kepada siapa saja

yang hendak mengisi bensin di SPBU,

sebaiknya diperhatikan atau pilih SPBU yang juga tidak

sedang melaksanakan pengisian dari Truk tanki

ke tanki penyimpanan SPBU.

Dan kepada Pertamina saya juga menghimbau untuk melakukan

SOP yang ketat, dimana pada saat pengisian BBM dari truk

tanki ke tanki SPBU, SPBU sama sekali tidak boleh

melayani dan/atau mengisikan BBM ke kendaraan konsumen

dalam bentuk apapun (SPBU ditutup).

Lebih jauhnya bila memungkinkan,

setiap SPBU mempunyai alat monitor (gas meter) untuk

bisa mengetahui level atau kadar uap bensin di udara,

Dengan begitu pihak SPBU bisa mengantisipasi hal2x yang

tidak diinginkan dari kebocoran atau kandungan uap besin

yang tinggi di udara.

Demikian pengalaman dan himbauan saya,

mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kebaikan bersama,

salam.


Edited:
Kalo bisa tolong sebarkan info ini seluas-luasnya.

Skenario terburuk jika mobil terbakar,
tanki bensin mobil ukut meledak dan terbakar,

lalu tanki spbu ikut terbakar dan juga meledak

Bayangkan sesudah kejadian tsb,

boro2x mobil atau kendaraan kita diganti oleh spbu,

yang ada, udah kita rugi kehilangan mobil,

kitapun masih dituntut ganti rugi oleh SPBU karena telah

menjadi penyebab kebakaran besar tsb.

Tanpa ada tambahan maupun Edited dari Milis Toyota Kijang...

110919bspbu-meledak

Posted by Unknown - Rating: 4.5
Title : Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU Sedang Isi BBM
Description oleh : paling unik, Dari millist tetangga, mungkin bisa jadi bahan Diskusi... dan pencerahan bagi Rekan rekan sekalian Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU ...

Share to

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Hati-Hati Mengisi Bensin Saat SPBU Sedang Isi BBM"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Hot Lainnya

Copyright © 2012 paling unik - All Rights Reserved
Design by Tahan Lama - Powered by Blogger